Berita Detil

Yuk Kenali Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi Dan Cara Merawatnya

Sebagai baterai kendaraan bermotor, aki menjadi salah satu komponen sangat penting yang harus dirawat. Karena, jika tidak sering diperhatikan dan dirawat bisa membuatnya mengalami beberapa masalah, seperti tidak mengisi. Umumnya, ada beberapa faktor yang mengakibatkan aki kendaraan tidak terisi daya listriknya. Agar lebih tahu, yuk kenali penyebab aki motor tidak mengisi dan cara merawatnya.

Penyebab Aki Kendaraan Mudah Tekor

1. Kiprok Rusak

Kondisi ini bisa menyebabkan segala komponen yang membutuhkan aliran listrik tidak teraliri, misalnya klakson, starter pencet, dan lainnya. Bagi kendaraan motor bebek mungkin masalah rusaknya kiprok bukan hal yang harus dikhawatirkan, karena masih bisa menggunakan engkol untuk menyalakan mesin. Namun, untuk beberapa skuter matik tentunya menjadi masalah karena tidak terdapat starter kick untuk menghidupkannya.

Pada dasarnya, kiprok pada motor honda berfungsi untuk mengatur regulasi aliran arus listrik yang dihasilkan oleh aki, baik keluar maupun masuk. Meskipun tidak termasuk dalam komponen aki, namun penghubung ini terletak tidak tidak jauh dari tempat baterai kendaraan. Oleh karena itu, kiprok yang rusak bisa mempengaruhi komponen motor lainnya, terutama yang membutuhkan aliran listrik. Keadaan itulah yang menjadi penyebab aki motor tidak mengisi.

Untuk mengetahui kondisi kiprok motor, anda dapat menyalakan mesin kendaraan dan lampu utamanya. Kemudian, gas dengan kecepatan sekitar 4 ribu hingga 5 ribu RPM. Apabila tegangan listrik yang dihasilkan kurang dari 14 hingga 15 volt, maka kemungkinan besar kiprok mengalami kerusakan. Dalam hal ini, anda bisa mengganti kiproknya saja, jika memang tidak ada masalah pada akinya.

2. Pengikat Aki Lepas Atau Rusak

Umumnya, aki pada kendaraan bermotor membutuhkan beberapa komponen perantara dan pengikat, seperti kabel dan sekrup. Dimana, adanya kedua perangkat tersebut yang berperan dalam menghubungkan aliran listrik dari aki ke seluruh bagian motor. Namun, apabila salah satu dari komponen tersebut mengalami kerusakan maupun terlepas, maka bisa dipastikan aki tidak akan berfungsi dengan baik.

Selain itu, kondisi ini juga bisa mengakibatkan baterai kendaraan bermotor tersebut terus melemah. Apabila tidak segera ditangani, maka seiring berjalannya waktu bisa menyebabkan aki mengalami kerusakan. Oleh karena itu, jika beberapa komponen motor mengalami penurunan fungsi, ada baiknya untuk memeriksa pengikat aki. Pasalnya, penghubung yang lepas atau rusak menjadi penyebab aki motor tidak mengisi.

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar

Copyrights © 2019 All Rights Reserved by MPM Honda.