fb track

Pelatihan Safety Riding: Mengendarai Motor Tidak Seharusnya Jadi Menakutkan dan Berbahaya

Pelatihan Safety Riding: Mengendarai Motor Tidak Seharusnya Jadi Menakutkan dan Berbahaya

Tahukah kamu? Ada 70% dari kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Indonesia melibatkan sepeda motor. Ada hingga 30 ribu orang yang tewas setiap tahunnya di jalan raya. Mereka bisa menjadi penyebab, terlibat, ataupun korban kecelakaan kendaraan sepeda motor.

Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Metro Jaya Herman Ruswandi menegaskan, pada 2019, kasus kecelakaan mencapai 8.877, dengan meninggal dunia 559 orang dan luka-luka 8.318. Jumlah itu naik tajam dari 2019, yakni 5.903 kasus, korban meninggal 567 orang, dan luka-luka 5.336 orang.

Penyebab angka kecelakaan motor begitu tinggi?

Ada tiga faktor yang mendadi penyebab kecelakaan, yang adalah manusia, kendaraan, dan lingkungan. Dari ketiga faktor itu, manusia paling dominan, berpengaruh besar hingga sekitar 90%.

Maka dari itu, pengendara pengendara harus memiliki keahlian berkendara sebagai modal pertahanan diri saat berkendara di jalan raya. Pendidikan saat berlalu lintas bisa meminimalisir ancaman terjadinya kecelakaan. Pendidikan ini bisa juga disebut sebagai Safety Riding seperti yang diselenggarakan oleh MPM.

Di sini kamu akan diberikan pelatihan Balancing, Braking, Slalom Course dan Low Speed Balance. 4 macam dari pelatihan tersebut aka membantu kamu agar bisa lebih stabil berkendara dan memahami bagaimana caranya manuver dalam menghadapi kondisi jalanan.

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar