fb track

Cara Cepat Memperbaiki Motor Susah Hidup Saat Diengkol Atau Distarter

Cara Cepat Memperbaiki Motor Susah Hidup Saat Diengkol Atau Distarter

Sistem starter yakni sebuah rangkaian elektrik yang tugasnya memutar poros engkol agar memicu pembakaran pertama pada mesin tersebut. Sistem inilah yang betanggung jawab proses penghidupan mesin.Tetapi, kendala motor yang susah hidup tak Cuma dikarenakan oleh sektor starting system. Ada beberapa sektor lain yang mempengaruhi proses penghidupan mesin. Sebelum itu, simak juga informasi tentang harga motor Honda Jatim terbaru.

Berikut ini ada beberapa penyebab motor susah hidup saat diengkol atau distarter dan cara mengatasinya :

Tegangan Aki Lemah

Masalah ini bisa terjadi untuk jenis motor apapun, aki yang merupakan komponen penyimpanan arus listik, tugasnya akan menyuplai kebutuhan listrik sewaktu proses starting. Biasanya, baterai motor mempunyai tegangan 12 volt. Apabila kurang akan terjadi aki soak maupun low battery. Normalnya, tegangan 10 – 12 volt.

Ketika teganagn baterai lemah maka putaran starter akan lebih melambat. Sedangkan agar dapat terjadi pembakaran, proses engkol harus dapat berputar berkisar 450 RPM jika kurang dari itu, mesin tidak dapat hidup.

Seringnya, aki lemah juga akan berdampak seperti pencahayaan yang kurang terang, lamou rem berkedip terlaalu cepat sampai klakson yang sember.

Jika kejadian tersebut terjadi, maka bisa menggunakan kick starter dan biarkan mesin menyala dahulu sampai beberapa menit supaya terjadi proses pengisian. Hal lain yang mesti diperhatikan yaitu kiprok. Kiprok bertugas sebagai regulator altenator / pengisian daya baterai. Jika komponen tersebut rusak mengakibatkan tegangan baterai akan terjadi drop.

Ada Korsleting Di Sistem Starting

Short circuit / hubungan singkat arus listrik merupakan penyebab utama kerusakan pada starter. Biasanya terjadi di terminal 30 starter yang letaknya berdekatan pada logam mesin yang menghubungkan massa aki.

Untuk mengetahuinya, umumnya ada bekas terbakar / hitam di area tersebut. Motor starter pun cenderung mati langsung karena fase / sekering starter terputus.

Solusinya yaitu harus menemukan area yang sedang korsleting, caranya tinggal buka dan bersihkan dari kerak / bekas terbakar tersebut, lalu pasang kembali pada posisi yang tak berdekatan. Dapat juga dengan menambahkan penyekat guna memastikan korsleting tak terjadi lagi.

Baca Juga: Keunggulan AHM Oli SPX 2, Bisa Bikin Performa Motor Lebih Optimal

Tahanan Kabel Busi Melonjak

Kabel busi merupakan kabel yang memiliki ukuraan besar yang menghubungkan coil ke cop busi. Fungsi kabel busi ini menyalurkan listrik tegangan tinggi dari coil, sehingga tahanan kabelnya mempengaruhi tegangan akhir yang akan masuk ke busi.

Ketika tahanan / hambatan kabel busi melonjak, listrik yang masuk ke dalam busi jadi semakin kecil maka api busi juga kecil bahkan mati. Untuk memperbaikinya bisa dengan mengukur tahanan busi memakai pengukur ohm meter. Jika angka tahanan lebih dari 25 Kohm, otomatis anda perlu menggantinya.

Bensin Tidak Turun

Untuk yang masih menggunakan karburator pada sistem bahan bakar konvesional. Bensin mengalir dari tanki menuju karburator yang memanfaatkan perbedaan ketinggian. Posisi tanki yang lebih tinggi akan mendorong bensin mengalir masuk pada karburator dengan sendirinya.

Tetapi, saat motor didiamkan sampai beberapa hari, seringnya timbul masalah dimana udara terjebak pada selang bensin. Hal itu disebabkan tidak ada pompa yang menekan bensinnya, sehingga udara akan menghambat bensin turun ke dalam karburator, jadinya mesin akan sulit dihidupkan.

Cara mengatasinya sebetulnya sangat mudah, tinggal lepas selang radiator yang menghubungkan input karburator tersebut. Umumnya memakai klem kawat. Sesudah terlepas, tunggu sampai bensin mengalir seperti biasa. Kemudian pasang lagi selang tersebut dan cobalah untuk menyalakan motor.

Demikian penjelasan tentang cara cepat memperbaiki motor yang susah hidup sewaktu diengkol atau distarter, semoga bermanfaat.

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar