fb track

Asuransi Motor Honda Terbaik: Manfaat dan Jenis-Jenisnya

Asuransi Motor Honda Terbaik: Manfaat dan Jenis-Jenisnya

Motor diperlukan oleh banyak orang untuk kebutuhan sehari-hari seperti berangkat sekolah, kerja, belanja, kuliah, dan lain sebagainya. Saat Anda membeli motor Honda, biasanya akan ada layanan asuransinya terutama untuk pembelian kredit. Pada pembahasan kali ini, kita akan kaji secara mendalam seputar asuransi motor Honda tersebut.

Manfaat Asuransi Motor Honda

Produk asuransi motor adalah hal yang sangat penting, terutama kalau motor Anda aktif digunakan untuk mobilitas sehari-hari. Dengan adanya asuransi motor, maka bisa memberi layanan pertanggungan semisal motor Anda hilang bermasalah seperti dicuri saat sedang diparkir, terjadi kecelakaan, maupun perampasan kendaraan. 

Tentunya permasalahan kendaraan seperti kecelakaan itu sendiri termasuk risiko yang terkadang tidak bisa para pengendara hindari 100 persen. Meski kita sudah berkendara sesuai aturan dan dilakukan secara hati-hati, kecelakaan tertentu bisa saja terjadi. Pencurian motor juga semakin tinggi angka kasusnya sehingga semakin susah untuk dihindari.

Berdasarkan hal-hal tersebut, asuransi kendaraan bermotor bisa memberikan manfaat yang sangat penting. 

2 Jenis Layanan Umum Asuransi Motor

Asuransi untuk motor biasanya menyediakan dua macam layanan secara umum, ada asuransi All Risk dan TLO. Bedanya dari besar pertanggungan keduanya, TLO lebih menjamin ganti rugi terhadap hilangnya motor karena pencurian ketika motor sedang diparkir atau dalam keadaan diam. Kondisi lainnya yaitu penodongan atau perampasan motor. 

Jenis asuransi yang satu ini memberikan juga ganti rugi semisal motor Anda mendapatkan kerusakan karena terbentur, bertabrakan, tergelincir, atau terbalik dengan tingkat kerusakan minimal sebesar 75 persen. Jenis asuransi TLO ini tidak berlaku jika kasusnya adalah penipuan, maupun hipnotis.

Berbeda dengan All Risk, asuransi motor Honda satu ini bukan menyediakan ganti kerugian ketika motor Anda hilang, tapi menanggung juga kerugian lain seperti lecet. Tapi ada syarat kondisi tertentu berdasarkan yang sudah tertera jelas di informasi polis asuransi. Biasanya All Risk ditawarkan untuk kendaraan motor dengan harga lebih dari Rp 30 juta rupiah, tetapi tetap memungkinkan dipakai untuk motor yang di bawah angka tersebut harganya. 

 

Jenis Perlindungan Asuransi Motor Honda

Bagi Anda yang berencana ingin membeli motor Honda, maka sangat penting untuk tahu kategori asuransi motor Honda seperti All Risk & TLO. Untuk lebih jelas memahami perbedaan antara All Risk dengan TLO, coba simak beberapa poin berikut:

- All Risk atau Komprehensif 

Umumnya ada tiga kategori yang harus diperhatikan seputar All Risk yaitu kerusakan sebagian, kerusakan total, dan biaya penyelamatan, berikut penjelasannya:

1. Kerusakan kendaraan sebagian

Berarti menjamin kerusakan/ kerugian sebagian karena kebakaran, tabrakan, maupun tindakan kejahatan. Kerusakan sebagian berarti juga kehilangan sebagian kendaraan bermotor dikarenakan tindakan pencurian yang marak terjadi sekarang ini.

2. Kerusakan kendaraan total

Kerusakan total berarti menjamin kerusakan/ kehilangan/ kerugian total suatu kendaraan bermotor karena risiko pencurian

3. Biaya penyelamatan

Sementara yang dimaksud biaya penyelamatan yaitu biaya untuk pengangkutan atau penjagaan kendaraan Anda menuju bengkel agar bisa menghindari maupun mengurangi kerugian.

- TLO atau “Total Loss Only” 

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan seputar TLO yaitu kerusakan konstruktif total. Maksudnya adalah menjamin kerusakan kendaraan karena risiko-risiko tertentu berdasarkan jaminan di polis. Untuk biaya penggantian, pemulihan, atau perbaikan bisa sama atau pun bisa lebih tinggi 75 persen harga yang sebenarnya.

Selain konstruktif, ada juga kerugian total dikarenakan tindak pencurian. Maksudnya yaitu kerusakan atau kehilangan total dijamin pada kendaraan Anda yang disebabkan oleh aktivitas pencurian.

 

Seputar Asuransi Motor Kredit & Tunai

Anda bebas untuk membeli motor baik itu melalui kredit maupun cash/ tunai dan keduanya dapat saja dijamin kondisinya oleh layanan asuransi. Tapi ada perbedaan tertentu yang harus Anda pahami, berikut penjelasannya:

Asuransi Dengan Pembelian Kredit

Umumnya pembelian motor di dealer Honda secara kredit bisa didapatkan langsung secara otomatis mendapatkan asuransi dari perusahaan pembiayaan (leasing) selama masa kredit 

ementara produk asuransi yang tersedia yaitu TLO. Perlu Anda ingat kembali kalau TLO ini bukan asuransi yang berlaku untuk hilangnya motor karena hipnotis, maupun penipuan jual beli. 

Asuransi Dengan Pembelian Cash

Sementara asuransi untuk pembelian tunai bisa didapatkan dengan menentukan perusahaan asuransi tertentu yang terpercaya. Dari masing-masing perusahaan bisa memberikan layanan ganti rugi berdasarkan berbagai faktor tertentu sesuai ketentuan perusahaan terkait. 

Sebagai rekomendasi yang tepat, Anda bisa coba pertimbangkan MPM Insurance yang bekerja sama dengan 300 lebih bengkel rekanan, dan proses klaim asuransi yang cepat dan mudah. Melalui perusahaan ini, Anda bisa juga melakukan konsultasi secara gratis agar Anda bisa mendapatkan proteksi yang sesuai kebutuhan Anda.

Asuransi motor Honda menawarkan untuk permasalahan kendaraan motor Honda Anda. Jangan lupa untuk pahami terlebih dahulu dengan jelas apa saja yang dijamin dari asuransi tersebut dari detail polisnya. 

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar