fb track

Asuransi Motor All Risk/ Komprehensif, Apa Saja yang Dicover?

Asuransi Motor All Risk/ Komprehensif, Apa Saja yang Dicover?

Asuransi motor All Risk merupakan salah satu kategori asuransi paling populer terutama untuk para pemilik kendaraan motor. Setiap pemilik motor pasti ingin kendaraan mereka terlindungi dengan baik karena motor termasuk aset yang berharga. Asuransi komprehensif atau All Risk membuat Anda tak lagi perlu khawatir terhadap kerugian finansial karena berbagai risiko di jalanan. 

Mengenai Asuransi Motor All Risk

Anda perlu tahu apa itu All Risk yang dimaksud dalam produk asuransi kendaraan satu ini sebelum mencari tahu apa yang termasuk tanggungannya. Inilah asuransi kendaraan bermotor yang bisa menyediakan perlindungan penuh terhadap segala macam risiko kendaraan baik itu kehilangan maupun kerusakan. 

Seluruh risiko yang bisa terjadi pada motor Anda merupakan pertanggungan perusahaan asuransi terkait. Dengan asuransi ini, maka Anda sudah tidak lagi harus khawatir akan kemungkinan mengeluarkan biaya perbaikan kendaraan apa lagi harus mengganti kendaraan Anda karena dicuri. 

Pengeluaran biaya tersebut pastinya sangat bisa menguras kantong Anda baik itu karena rusaknya kendaraan maupun sampai hilang dicuri. Biasanya perusahaan asuransi terkait akan menjelaskan polis mereka seputar apa saja hal yang dicover pada All Risk ini. 

Apa Saja Yang Dicover Oleh Asuransi All Risk?

Lalu apa saja tanggungan atau cover dari asuransi ini? Yuk cari tahu apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari asuransi kendaraan All Risk tersebut. 

1. Perlindungan Kerusakan Motor

Kerusakan motor terutama karena terjadinya kecelakaan, maka perusahaan asuransi yang memberikan layanan All Risk menanggung biaya untuk perbaikannya. Jika ada spare part yang harus diganti, maka itu merupakan cakupan asuransi ini. Tidak terbatas hanya itu saja, semisal kendaraan Anda rusak bagian mesinnya, perusahaan asuransi terkait tetap menanggung biayanya termasuk untuk bagian lain seperti bumper, kaca depan, dan sebagainya. 

2. Perlindungan Hilangnya Motor

Jika kendaraan motor Anda hilang diambil orang, maka pihak perusahaan asuransi mengganti kendaraan berdasarkan harga pasarnya. Manfaat All Risk satu ini pastinya sangat menguntungkan. Untuk yang biasa meninggalkan motor di parkiran atau area umum lainnya, cover yang satu ini sangat bermanfaat untuk mereka. 

Seperti yang sudah banyak orang tahu, angka pencurian sepeda motor tidak main-main. Berbagai metode ampuh dilakukan oleh para pencuri motor yang membuat para pemilik motor resah. Lebih baik antisipasi hal tersebut dengan layanan asuransi motor All Risk

3. Perlindungan Rusaknya Motor Karena Bencana

Ada lagi cover lainnya yaitu melindungi motor Anda dari terjadinya bencana alam. Bencana alam itu sendiri ada berbagai macam mulai dari gempa bumi, banjir, longsor, dan lain sebagainya. Pihak perusahaan asuransi bertanggung jawab men-cover biaya untuk perbaikan motor Anda dan bersedia untuk menggantinya juga. 

4. Perlindungan Pihak Ketiga

Semisal Anda mengalami kecelakaan yang membuat rusak properti punya orang lain, maka asuransi ini juga bisa menanggung penggantian dan perbaikannya. Secara umum, itulah beberapa tanggungan All Risk. Asuransi motor merupakan salah satu kebutuhan para pemilik motor karena pertanggungannya yang luas sehingga bisa mengantisipasi banyak risiko. 

Selain All Risk, ada juga asuransi TLO yang lebih fokus pada kehilangan karena tindakan pencurian atau tidak kunjung ditemukan setelah beberapa hari. Jika Anda butuh asuransi yang mencakup semuanya bukan hanya hilang karena pencurian, maka pertimbangkan All Risk saja.

Hal Lain Yang Perlu Diketahui Seputar Asuransi Motor All Risk

Ada beberapa salah kaprah asuransi motor all risk ini seperti seputar cakupannya. Asuransi ini memang bisa menjamin kerusakan mulai dari yang level kecil, sampai yang berat, termasuk juga kehilangan kendaraan. Tapi Anda harus tahu kalau tetap terdapat risiko tertentu yang dikecualikan sesuai kebijakan perusahaan asuransi terkait. 

Dengan kata lain, ada klaim tertentu yang tidak termasuk tanggungan perusahaan tersebut. Maka dari itu, ada yang namanya fasilitas tambahan yang membuat Anda perlu menambah premi. Lebih baik pahami dengan jelas terlebih dahulu detail cover All Risk sesuai perusahaan asuransi yang Anda gunakan layanannya. 

Salah paham lainnya yaitu asuransi ini yang dapat meningkatkan nilai jual kendaraan. Pemahaman seperti ini cukup keliru karena ketentuan tertentu yaitu semisal kendaraan terkait yang dipertanggungkan sudah pindah tangan, asuransi bisa saja tidak berlaku. Sehingga pemilik motor yang baru tidak bisa menikmati lagi perlindungan asuransi yang sebelumnya diterapkan. 

Kalau hal yang seperti ini terjadi, maka lebih baik pemilik asuransi coba membatalkan polis ke perusahaan terkait jika ingin kendaraannya dijual. Disarankan untuk berdiskusi lebih lanjut karena bisa saja didapatkan refund premi kalau sebelumnya tidak pernah melakukan pengajuan klaim. 

Keunggulan utama asuransi motor satu ini yaitu perlindungan untuk segala macam risiko yang bisa terjadi kepada motor Anda. Baik itu kerusakan, maupun motornya dicuri, Anda sudah tak perlu lagi mengkhawatirkannya. Tapi premi yang perlu dibayar mungkin lebih tinggi kalau dibandingkan jenis asuransi lain. Sekian pembahasan seputar asuransi motor all risk, semoga bermanfaat.

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar