fb track

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Membeli Helm Agar Nyaman Dipakai

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Membeli Helm Agar Nyaman Dipakai

Pengendara sepeda motor pasti sudah memahami pentingnya mengenakan helm karena menyangkut keselamatan dan keamanan. Namun faktanya saat hendak membeli helm ada sejumlah hal yang harus menjadi pertimbangan agar selain dapat memberikan keamanan, helm juga memberikan kenyamanan bagi pengendara.

Saat ini pun sudah sangat banyak merek lokal yang menawarkan helm dengan berbagai jenis dan ukuran yang bisa dibeli langsung di toko maupun secara online. Bagaimana pun pemilihan helm yang tepat akan membuat  lebih nyaman saat berkendara. Sebab, helm yang tidak sesuai bisa berbahaya karena berkaitan dengan risiko keselamatan penggunanya. 

Pastikan Ukuran yang Sesuai

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat berencana membeli helm adalah ukuran. Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah mengukur lingkar kepala dengan pita meteran.

Kemudian sesuaikan lingkar kepala kamu dengan ukuran helm yang disediakan. Umumnya produsen helm akan menyediakan beberapa ukuran, misalnya S, M, L, dan XL. Setiap ukuran tersebut memiliki diameter yang berbeda-beda. Kamu bisa membaca panduan ukuran atau size chart dari masing-masing produsen helm karena kemungkinan besar beda merek akan berbeda ukuran.

Coba Helm Secara Langsung

Cara ini bisa dibilang merupakan yang paling ampuh untuk terhindar dari helm yang tidak pas atau nyaman. Kamu bisa datang langsung ke toko yang menjual helm apabila tidak yakin dengan pengukuran kepala yang sudah dilakukan sendiri.

Dengan mencoba langsung, kamu jadi tidak perlu repot untuk menerka-nerka apakah helm yang kamu inginkan nyaman atau tidak. Selain itu mencoba helm secara langsung juga memungkinkan kita mengetahui tingkat kenyamanan helm tersebut, salah satunya dengan cara menggerakan helm ke kiri dan kanan saat dikenakan.

Perhatikan Kualitas Busa

Selain soal ukuran, kenyamanan dalam memakai helm juga sangat ditentukan dari kualitas busa dan kain pelapisnya. Beberapa helm mungin akan terasa empuk saat pertama dikenakan, namun karena kualitas busanya kurang baik maka dalam kurun pemakaian yang tidak terlalu lama akan mulai kempis dan helm akan terasa lebih longgar saat dipakai. Selain itu, apabila kain pelapis busa menggunakan bahan yang kasar juga akan membuat penggunanya tidak nyaman selama berkendara.

Pilih Helm yang Sudah Berstandar Keamanan

Sesuai dengan peruntukannya, helm dikenakan untuk menjaga keamanan pengendara motor. Oleh karena penting untuk memilih helm yang sudah memenuhi standar keamanan agar proteksi yang diberikan juga sudah terjamin. Pasalnya, helm yang tidak memenuhi standar keamanan akan sangat membahayakan, terlebih jika terjadi kecelakaan.

Standarisasi keamanan helm ini pun bisa berbeda-beda di setiap negara. Misalnya di Amerika Serikat dengan sertifikasi DOT yaitu Department of Transport atau Snell Memorial Foundation (Snell). 

Sementara Jepang memiliki sertifikasi Japanese Industrial Standard atau JIS. Lalu di Indonesia helm-helm dikategorikan aman adalah yang sudah memiliki standar keamanan SNI atau Standar Nasional Indonesia.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Jenis helm juga sangat menentukan keamanan dan kenyamanan. Kini kebanyakan jenis helm dibagi menjadi dua yakni half face dan full face. Selama pilihan helm yang ingin kamu beli sudah memenuhi standar keamanan, maka selanjutnya cukup sesuai dengan kebutuhan harian kamu.

Apabila kamu lebih sering berkendara santai dan jarak dekat maka bisa lebih mempertimbangkan memilih helm half face. Sementara jika kamu lebih sering berkendara jarak jauh dan ingin memastikan keamanan, sebaiknya gunakan helm full face. Helm full face sendiri akan memberikan perlindungan yang lebih maksimal, terlebih saat berkendara di kecepatan tinggi.

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar