fb track

4 Tips Merawat Jok Motor Agar Tetap Awet dan Nyaman

4 Tips Merawat Jok Motor Agar Tetap Awet dan Nyaman

Banyak pengendara rela merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan mengganti motor. Bukan tanpa alasan, jok motor memang sangat berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Secara umum, jenis atau bahan jok motor terbagi menjadi dua yakni yang menggunakan kulit sintetis dan yang menggunakan kulit asli. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun yang pasti keduanya akan rusak dan menjadi tidak nyaman jika tidak dirawat.

Jok motor yang terawat akan memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik. Selain itu, jok motor yang terawat juga akan lebih menarik secara tampilan. Jadi, apa saja hal yang harus diperhatikan untuk merawat jok motor agar tetap awet dan nyaman? Berikut 4 tips yang bisa kalian terapkan agar jok motor tetap terlihat seperti baru.

1. Hindari Membawa Benda Bertekstur Tajam

Kamu harus selalu memperhatikan barang yang kamu bawa atau letakan di atas jok. Pasalnya, jika kamu membawa muatan yang terlalu berat bisa mengakibatkan jok motor rusak. Apabila terpaksa membawa benda dengan tekstur yang kasar atau tajam, sebaiknya lapisi dahulu permukaan barang tersebut dengan kain agar tidak langsung mengenai jok hingga akhirnya berlubang.

2. Segera Bersihkan Noda Membandel

Kebersihan adalah sesuatu yang sangat penting untuk dijaga jika kita ingin jok motor awet. Ketika kita menyadari terdapat noda atau kotoran yang menempel pada jok, saat itu juga kamu harus membersihkannya. Biasanya noda membandel yang menempel pada jok motor dan sulit dibersihkan berasal dari lem, getah, dan bekas stiker. 

Cara membersihkan noda membandel pada jok motor tidak cukup hanya dengan menggunakan air. Solusi paling ampuhnya adalah dengan menggunakan minyak tanah. Caranya cukup tuangkan sedikit minyak tanah pada kain bertekstur lembut dan dalam kondisi korong. Kemudian gosokkan kain pada noda membandel di jok motor. Setelahnya kamu bisa mencuci jok untuk menghilangkan bau minyak tanah.

3. Cuci Jok Motor Secara Rutin

Agar jok motor lebih terawat, tidak ada salahnya kamu rutin mencuci dengan menggunakan pembersih atau shampo khusus. Pastikan juga kamu menggunakan lap dengan bahan yang lembut. Hindari menggunakan sikat saat mencuci jok karena bisa merusak tekstur atau permukaan. Selain itu, hindari juga penggunaan semir ban dengan niatan membuat jok motor lebih mengkilap. Faktanya, mengoleskan semir ban ke jok motor bisa membuat kondisinya memburuk. Jika kamu ingin jok motor terlihat lebih mengkilap, maka gunakanlah semir khusus untuk jok motor.

4. Hindari Parkir di Tempat Panas

Berkendara dalam kondisi jok motor panas bukan hanya membuat pengendaranya menjadi tidak nyaman, tapi ternyata juga bisa menyebabkan jok motor cepat rusak. Oleh karena itu penting untuk selalu memperhatikan di mana kita menempatkan sepeda motor. Selalu hindari parkir motor di tempat yang panas atau terpapar sinar matahari langsung.

Jika sering dilakukan, kebiasaan ini bisa membuat merusak jok dan membuat cat motor luntur. Apabila memang terpaksa harus parkir di tempat yang panas, maka sebaiknya lindungi jok motor dengan cover yang banyak dijual di pasaran.

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar