Berita Detil

Berbicara mengenai sepeda motor tentu ada sejumlah komponen di dalamnya. Salah satu komponen tersebut adalah speedometer. Tugas dari elemen tersebut yakni mengukur jarak tempuh dari mesin motor. Namun, apa yang terjadi jika speedometer mati mendadak. Kerusakan tersebut dapat diperbaiki dengan mudah dan apabila perlu diganti tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Namun, yang sekarang ini mengalami speedometer yang mati pada sepeda motor, tentu nya ingin tahu penyebabnya. Padahal mulanya dalam keadaan baik namun secara mendadak jarum speedometer tak mau bergerak lagi.

Berikut ini penyebab dan cara mengatasinya pada speedometer mati diantaranya :

Kabel berkarat

Komponen speedometer bisa saja mengalami karat, terutama pada kabelnya. Hal tersebut akan mengakibatkan putusnya kabel sampai dengan speedometer tak lagi berfungsi seperti biasa. Penyebab speedometer mati bisa karena masuknya air ke komponen tersebut. Oleh sebab itu saat mencuci  atau menggunakan sepeda motor perlu berhati-hati supaya air tak masuk ke speedometer. Selain itu air hujan bisa menjadi penyebab masuknya air ke dalam kabel speedometer.

Cara Mengendarai yang Ugal-Ugalan

Salah satunya penyebab lainnya yakni dikarenakan salah dalam mengendarai sepeda motor. Kabel dalam speedometer sifatnya sangat sensitif dalam membantu menunjukkan kecepatan panelnya. Tetapi kabel tersebut dapat terputus akibat pengendara gaspol dan ugal-ugalan saat mengendarainya. Misalnya saja saat mengendarai motor di jalan yang berlubang, jangan lakukan tarik gas terlalu kencang sebab dapat memicu kabel speedometer putus yang disebabkan guncangan tersebut.

Pecahnya Tromol Roda

Penyebab lain yang bisa membuat speedometer mati yakni pecahnnya tromol roda sehingga mengakibatkan kabel tidak dapat memutar. Hal tersebut menjadikan perbaikan menjadi cukup sulit.

Gigi Nanas Roda Mulai Aus

Penyebab lainnya yakni dikarenakan kawat sling dan gigi nanas di poros roda dalam kondisi aus. Kebanyakan pemilik sepeda motor tidak memperhatikan kerusakan di bagian ini sebab selalu luput dari pengawasan dan perawatan. Oleh karena itu gigi nanas harus dilakukan perawatan dengan cara mengolesi dengan gemuk sesuai kebutuhan supaya tidak mengalami aus. Kerusakan pada bagian dikarenakan juga oleh air hujan yang masuk pada bagian dalam sehingga menjadikan gigi nanas dan elemen lain kotor sehingga perlu dibersihkan. Hal tersebut jangan dianggap sepele sebab apabila rusak tidak dapat diperbaiki. Jadi perlu diganti dengan yang orisinil ataupun KW.

Putusnya Kabel Speedometer

Penyebab lain yang memungkinkan kabel speedometer putus yakni diantaranya karena tertekuk / tertarik. Hal tersebut terjadi karena kurang kehati-hatian ketiak membersihkan speedometer. Tak hanya itu, usia kabel speedometer yang lama juga akan mempengaruhi putusnya kabel hingga menjadikan speedometer mati.

Pecahnya Speedometer

Speedometer bisa pecah yang menjadikan tidak lagi berfungsi dengan baik. Komponen di dalamnya dapat mengalami kerusakan yang diakibatkan penggunaan yang tak sesuai atau karena usia speda motor yang tua. Beberapa faktornya yakni jarum speedometer yang kemungkinan macet dan per speedometernya yang dapat patah.

Ketika speedometer terjadi kerusakan atau mati, ada baiknya untuk segera diperbaiki ke bengkel resmi. Dengan melakukan penggantian elemen sepeda motor yang rusak dengan mengganti yang orisinil akan menjadikan sepda motor memiliki umur yang lebih lama lagi dan penggunaan akan jauh lebih nyaman. Ada juga informasi tentang harga Vario 150 terbaru dan termurah yang bisa Anda manfaatkan segera.

 

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar

Copyrights © 2019 All Rights Reserved by MPM Honda.