Berita Detil

Sepeda motor yang menjadi kebutuhan penting bagi kebanyakan orang demi menunjang segala aktivitas keseharian. Tak heran hampir setiap keluarga memiliki kendaraan, namun rata-rata mereka belum menyadari akan pentingnya untuk merawat sepeda motor tersebut.Sepeda motor yang menjadi kebutuhan penting bagi kebanyakan orang demi menunjang segala aktivitas keseharian. Tak heran hampir setiap keluarga memiliki kendaraan, namun rata-rata mereka belum menyadari akan pentingnya untuk merawat sepeda motor tersebut.

 

Salah satu masalah yang sering terjadi yakni kusamnya warna pada sepeda motor. Pastinya apabila warna sepeda motor jadi kusam maka akan timbul hal yang tak sedap dipandang. Terutama bagi kalangan anak muda dan pelajar yang lebih mementingkan penampilan.

 

Kebanyakan orang biasanya hanya lebih mementingkan perawatan mesin motornya saja, nah kali ini ada 10 cara mengkilapkan body motor agar tampil baru.

 

Berikut ulasannya :

Hindarkan Dari Sinar Matahari Langsung

Seringnya terpapar langsung oleh sinar matahari juga akan berdampak buruk pada sepeda motor. Hal tersebut biasanya terjadi sewaktu memarkirkan motor, jika kelamaan berada ditempat parkir yang terkena langsung oleh sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet akan berdampak pada kerusakan lapisan cat motornya.

 

Namun, hal tersebut dapat dihindari dengan mencari tempat parkir yang teduh atau bisa memakaikan sarung / kain pelindung motor guna menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Jadi anda perlu mengetahui cara pengecatan motor supaya warna lebih awet apabila sering terkena paparan matahari.


Mengelap Dengan Air

Dalam melakukan pengelapan pada bagian motor yang terkena debu harus dengan hati-hati atau lebih baik memakai sedikit air guna membasuh bagian berdebu tersebut, baru selanjutnya mengelap dengan kain yang halus dan lembut. Usahakan menghindari barat pada sepeda motor.

Segera Bersihkan Saat Terkena Minyak

Ketika motor terkena motor terutama minyak rem yang memungkinkan dapat mengenai bodi motor tersebut, usahakan segera lakukan pembersihan dengan menggunakan kain kannebo / sejenisnya. Sesudah bersih dari minyak bisa melakukan penggelapan dengan air seperti penjelasan nomor dua. Pstikan rem tidak ada ynag keluar pada rem dan shock. Apabila minyak keluar pada bagian tersebut lebih baiknya bawa langsung ke bengkel untuk perbaikan.

Hindari Detergen

Dengan mencuci menggunakan detergen bisa mengakibatkan pengelupasan pada cat bodi pada motor. Pastikan memilih shampo motor yang sesuai. Jangan sesekali menggunakan detergen apabila memang tak mempunyai shampo motor untuk mencuci, lebih baik hanya perlu mengelapnya saja dengan menambhakan sedikit air. Dalam perawatan motor haus dilakukan dengan hati-hati agar motor kesayangan masih tetap terlihat baru.

Cuci Motor Secara Berkala

Usahakan mencuci motor secara rutin dalam waktu 1-2 kali seminggu. Jangan terlalu jarang mencuci motor karena bisa menimbulkan kotoran / debu semakin menumpuk yang berujung pada pelupasan cat bodi motor. Jika dibiarkan terlalu lama maka akan menimbulkan warna yang kusam pada motor, jadi buatlah jadwal kapan harus mencucinya atau bisa mencuci di tempat cucian motor.

Cuci Motor Setelah Terkena Air Hujan

Usahakan setelah terkena air hujan untuk segera mencucinya karena air hujan mengandung asam nitrat. Hal tersebut akan berdampak merusak lapisan pada kilap cat motor, tak hanya itu air hujan juga bisa menimbulkan karat / korosi pada bodi motor. Jadi segera lakukan pencucian atau minimal mengelap dengan memakai air bersih.


Mengeringkan Motor

Setelah motor dicuci, perlu adanya pengeringan. Hal ynag harus diperhatikan dalam pengeringan adalah usahakan motor dalam keadaan benar-benar kering. Jangan sampai ada sisa air yang mengendap di bodi motor, jika hal tersebut dibiarkan maka akan mengakibtakan karat / korosi dan pemudaran warna pada kendaraan.

Mengelap Setiap Hari

Usahakan setiap pagi hari melakukan pengelapan sepeda motor dengan menggunakan kain halus dan lembut sambil memanasi pada mesinnya. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi debu yang menempel pada bodi motor. Mengelap motor juga bisa menambahkan silikon supaya bodi motor tetap kinclong dan cat lebih terlindungi agar tak cepat pudar.

Menambahkan Silikon

Melakukan pengelapan dengan menambahkan silikon bertujuan untuk mengkilapkan bodi motor jadi tak akan cepat mengelupas pada cat bodi motornya. Pilih silikon yang tepat dan memperhatikan kualitas dari bahan pembuatannya. Sesudah menambahkan silikan harus melakukan pengeringan kembali dengan memakai kain halus tanpa air.

Menggunakan Skorlet

Skorlet atau stiker blok bisa dipakai agar motor tetap lebih kinclongdan sedap dipandang walaupun bodi aslinya telah kusam. Skorlet bisa melindungi bodi asli motor dari goresan.

 

Demikian penjelasan mengenai 10 cara mengkilapkan body motor agar tampil baru, semoga informasi diatas bisa bermanfaat dengan baik. Ada juga harga Vario 150 terbaru yang bisa jadi perbandingan sebelum membelinya.

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar

Copyrights © 2019 All Rights Reserved by MPM Honda.