Perhatikan Hal ini Saat Motor Terkena Banjir.Perhatikan Hal ini Saat Motor Terkena Banjir.

Perhatikan Hal ini Saat Motor Terkena Banjir.Perhatikan Hal ini Saat Motor Terkena Banjir.

Memasuki musim hujan dibulan ini, ada beberapa daerah yang terendam banjir. Akibatnya, banyak kendaraan yang terendam. Penanganan berupa pengecekan beberapa komponen yang tidak terlalu ribet bisa dilakukan sendiri oleh pemilik motor. 


Untuk itu beberapa hal berikut yang penting diperhatikan jika kendaraan bermotor terkena banjir atau melewati rute jalan yang terkena banjir. 

  1. Jangan Menyalakan Mesin.Hal pertama yang harus dihindari yakni menyalakan mesin. Motor terendam banjir ada kemungkinan air sudah tersedot masuk mesin lewat saringan udara, knalpot atau bahkan melalui celah-celah kecil.
  2. Cek kondisi busi. Busi bisa dibuka menggunakan kunci busi, kemudian bersihkan lubang dan busi hingga kering dari air. Bila ingin lebih bersih lagi, gunakan bensin untuk membersihkan busi kemudian keringkan sebelum dipasang lagi.
  3. Periksa oli, Apakah berwarna seperti susu (milky oil/ada indikasi terkontaminasi air) atau warnanya normal, jika terjadi milky oil ,mesin harus dikuras dan di bersihkan dengan oli berulang ulang sampai warna olinya normal. Untuk matic, olie yg harus diperiksa adalah olie mesin & olie transmisi/olie gardan.
  4. Pembersihan kampas rem depan dan belakang.Hal ini perlu dilakukan karena dikhawatirkan ada pasir yang masuk di area kampas rem.
  5. Periksa dan ganti filter udara bila perlu. Filter udara merupakan komponen dari motor yang perlu diperhatikan, karena letaknya di bawah dan resiko terkena air apabila melewati banjir.
  6. CVT dan RantaiBila air masuk ke dalam bak CVT, harus segera di bongkar dan dibersihkan, karena bila CVT dalam kondisi basah, tentunya juga berpengaruh pada kinerja penggerak motor matic tsb. Setelah di bersihkan baiknya dilumasi dengan grease secukupnya. Rantai untuk motor bebek juga penting untuk dibersihkan setelah terendam banjir. Bila di biarkan bisa menyebabkan korosi pada rantai. Caranya cukup dicuci dan dikeringkan, selanjutnya dilumasi dengan cairan pelumas rantai.
  7. Terakhir, cuci motor Anda agar tidak ada kotoran air banjir yang menempel. Perlu diketahui kotoran air tersebut efeknya dapat meninggalkan noda dan karat pada bagian besi sepeda motor

“Konsumen juga dapat melakukan pengecekan di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) melalui program pengecekan gratis “Cek Aja Dulu Ke AHASS” bagi semua konsumen sepeda motor Honda dan program SENGGOOOL ( Semarak Ganti Oli Ojek Online) yakni layanan diskon potongan  pembelian oli MPX sebesar Rp. 10.000,- dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. untuk sepeda motor Honda milik driver ojek online. Program layanan tersebut sebagai bentuk dukungan MPM Honda Jatim kepada masyarakat dalam memastikan kondisi sepeda motor Honda yang terus prima guna mendukung mobilitas masyarakat dalam beraktivitas. “ kata M Bondan Priyoadi selaku Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.


Di program “Cek Aja Dulu Ke AHASS”  ini konsumen akan mendapatkan layanan pemeriksaan gratis yakni cek oli, cek lampu, cek ban, cek rem, cek aki, cek rantai dan cek busi.  Program ini dilaksanakan sampai dengan akhir tahun 2021. Sementara untuk  program SENGGOOOL ( Semarak Ganti Oli Ojek Online) berlaku selama periode bulan November 2021. Program tersebut berlaku di seluruh AHASS Jatim dan NTT. Konsumen juga dapat memanfaatkan layanan booking service pada aplikasi Brompit. 

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar

Copyrights © 2019 All Rights Reserved by MPM Honda.