Berita Detil

Ada banyak tempat yang lebih baik untuk menyimpan powerbank selain di bagasi motor. Menyimpan powerbank di bawah jok hanya akan menghadapkan kita pada resiko yang tak diinginkan.

Kebutuhan manusia saat ini bukan lagi sebatas sandang, pangan, dan papan. Melainkan juga gadget yang rasanya sulit lepas dari tangan. Untuk menjaga agar gadget selalu maka nggak jarang kita membawa powerbank.

Powerbank ibarat sumber tenaga cadangan untuk barang elektronik kita, seperti handphone, tablet, atau mini wifi. Saat melakukan perjalanan dengan sepeda motor, terutama motor skutik yang dilengkapi dengan bagasi, mungkin kita pernah berpikir untuk menaruh powerbank di bawah jok.

Namun yang perlu diingat adalah adanya risiko powerbank meledak karena kondisi di dalam bagasi nggak kita ketahui. Sebagai gambaran, berikut adalah hal yang bisa menyebabkan sebuah powerbank meledak.

1/ Kualitas Baterai Murahan

Setiap produk powerbank menggunakan baterai lithium. Namun, produsen-produsen kecil tak jarang menggunakan baterai lithium kualitas rendah, bahkan baterai daur ulang. Kualitas baterai yang buruk tersebut sangat berpotensi menimbulkan ledakan bila kena temperatur panas.

Inilah yang menjadi kekhawatiran utama bila menyimpan powerbank di bawah jok motor. Dan, meskipun kamu menggunakan powerbank dari merek terkenal, bukan jaminan seratus persen aman baterainya bebas potensi meledak.

2/ Buruknya Sirkuit yang Dipakai

Dikutip dari berbagai sumber, alasan kedua powerbank meledak adalah buruknya desain sirkuit yang terdapat di dalamnya. Sirkuit powerbank yang baik idealnya bisa mengatasi masalah-masalah seperti kepenuhan daya saat pengecasan, arus pendek, atau temperatur yang tak stabil.

Lagi-lagi, kekhawatirannya adalah temperatur di bawah jok motor yang nggak bisa kita kontrol.

3/ Penyimpanan Tak Tepat

Sampai saat ini memang belum pernah terdengar larangan dari produsen roda dua untuk tak menyimpan powerbank di bagasi jok motor. Hanya saja, amannya powerbank disimpan di tempat kering dan tak memiliki temperatur tinggi.

Setelah mengetahui hal-hal di atas maka sebaiknya hindari niat untuk menyimpan powerbank di bagasi motor. Menaruhnya di tas yang kering selama perjalanan bakal lebih aman.

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar

Copyrights © 2019 All Rights Reserved by MPM Honda.