Berita Detil

Para pengendara tentunya harus tahu tentang perbedaan antara mesin motor matic dan mesin motor manual. Sebelum Anda memutuskan untuk memilih sebuah motor, ada baiknya bagian atau komponen terpenting dari setiap pilihan motor.

Transmisi sepeda motor ada dua jenis yaitu mesin motor matic dan mesin motor manual. Pada mesin motor manual pada umumnya terbagi lagi menjagi dua yakni kopling dan tanpa kopling. Pemakaian suatu sistem transmisi untuk sepeda motor nyatanya dipengaruhi pada jenis mesinnya.

Tiap-tiap jenis mesinnya tentunya berbeda antara motor yang satu dengan motor lainnya. Semakin bagus komponen pada jenis mesinnya maka akan semakin bagus pula kinerja pada sebuah motor. Baik pada motor yang berjenis motor matic dan motor manual.

Motor matic umumnya sering disukai oleh masyarakat karena penggunaannya lebih mudah untuk dijalankan atau dikendarai dibandingkan dengan pemakaian pada motor manual. Namun kenyataannya perawatan pada mesin motor manual lebih sulit ketimbang sebuah motor manual.

Hal tersebut terjadi karena komponen motor matik lebih sulit dicari ketimbang motor manual. Apalagi jika mesin pada motor matik mengalami kerusakan yang sangat parah. Untuk itu perlunya perawatan rutin yang lebih ekstra dari mesin motor matik ketimbang motor berjenis manual.

Menurut penjelasan dari Isadat Salam, Technical and Training Service Engineer Motul Indonesia, bahwa sebuah motor itu menggabungkan pada ruang mesin pada transmisi dan kopling.

Sedangkan pada sebuah motor matik, transmisi tak ada di ruang mesin. Sehingga jika untuk sebuah motor matik, teknologinya yakni CVT ( continuously variable transmission ) yang berada di sebuah mobil. Pada mesinnya sendiri, transmisinya pun sendiri. Jadi intinya terpisah.

Pada kopling kering tak terendam pada pelumas mesinnya. Menurut penjelasan Salam, adanya perbedaan inilah yang menjadikan sebuah motor manual tak dapat memakai oli pada motor matik. Begitu juga sebaliknya. Karena, masing-masing oli telah diproduksi secara khusus menyesuaikan pada kegunaannya setiap motor. Salam menjelaskan pada sebuah motor manual, oli mesin juga bertugas menjadi oli transmisi. Tetapi tak sama pada motor matik.

Posisi transmisi yang tak berada pada ruang mesin menjadikannya memerlukan oli tersendiri. Oli tersebut lah yanng disebut dengan istilah oli garden. Apabila untuk motor manual, satu oli ditujukan untuk tiga purpose. Sedangkan pada sebuah motor matik, Cuma pada mesinnya saja. Itulah mengapa sebuah motor matik harus menggunakan oli yang khusus.

Demikian informasi mengenai perbedaan mesin motor matic dan mesin motor manual. Masing-masing penggunaan mesin motor matic dengan mesin motor berbeda. Tentunya ada kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Itu semua tergantung dari selera masing-masing pengendara.

Namun tak ada salahnya Anda mengetahui setiap komponennya masing-masing. Semoga artikel ini bisa lebih membantu menambah wawasan Anda mengenai perbedaan dari motor matik dan motor manual. Yuk simak juga harga motor Honda Jatim dan promosi harga menariknya.

 

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar

Copyrights © 2019 All Rights Reserved by MPM Honda.