Berita Detil

Cara pasang alarm motor sendiri tanpa harus datang ke bengkel. Sekarang ini pemiliki motor harus tetap waspada dan berhati-hati dalam kasus pencurian motor. Sekarang ini pencuri motor sudah sangat pintar dan selalu mencari kesempatan di setiap kesempitan. Bahkan pencuri berani mencuri motor walaupun dalam kondisi ramai orang.

Salah satu bentuk pencegahan pencurian motor yakni dengan memasangkan alarm pada sepeda motor. Cara memasang alarm motor sebetulnya mudah sekali. Pasti banyak kebanyakan orang akan melakukan pemasangan alarm motor di bengkel pilihannya. Hal tersebut dilakukan karena apabila dilakukan pemasangan sendiri, kemungkinan besar khawatir pemasangan yang tidak sesuai dan takut merusak komponen kendaraan. Namun, apabila mau bersabar dan teliti tentunya bisa melakukan pemasangan alarm motor sendiri dengan baik.

Sebelum memasang alarm motor sendiri perlu persiapan segala sesuatunya terlebih dahulu secara detail. Diagram skema dan fungsi setiap kabel perlu dipahami dan dicermati dahulu. Untuk mengetahui sistem kinerjanya bisa memakai bantuan seperti avometer atau accu. Sementara untuk faktor keselamatan seharusnya ketika melakukan pemasangan alarm motor acc terlebih dahulu dilepas supaya tidak ada konektor.

Adapun cara memasang alarm motor yang mudah dan bisa dilakukan sendiri, berikut penjelasannya :

Bahan yang diperlu dipersiapkan seperti kabel, soket relay, relay 4 kaki dan saklar. Peralatan yang diperlukan yakni seperti solder, gunting, timah, tang, lakban dan isolasi kabel.

Memilih area yang sesuai untuk memasang saklar alarm. Usahakan untuk memilih bagiab yang sulit dijangkkau orang lain tapi mudah untuk dijangkau oleh sang pemilik motor. Kabel negatif CDI pada motor harus dipotong dengan memakai tang khusus.

Kabel negatif yang telah dipotong tersebut selanjutnya dihubungkan dengan saklar alarm kaki 3. Perlu diperhatikan untuk pengaturan masing-masing kaki harus adalam posisi benar. Kabel yang tersambung CDI menuju saklar dipasang pada kaki momor 1 bagian pinggir. Kabel potongan CDI menuju bodi kemudian dipasangkan di kaki nomor 2 ke bagian tengah. Sedangkan pemasangan kabel untuk klakson di kaki nomor 3 di bagian pinggir yang bisa dikerjakan selanjutnya.

Berikutnya melakukan pemasangan relay. Relay tersebut dipasangkan untuk soketnya. Kabel dari saklar alarm yang sudah dipersiapkan tersebut kemudian dipasangkan pada kaki nomer 86. Selanjutnya hunbungkan menggunakan kabel negatif klakson yang warnanya hijau.

Pada kaki nomer 30 dan kaki dengan nomer 85 dihubungkan menjadi satu bagian, selanjutnya hubungkan menuju kabel positif klakson yang memiliki warna orange. Kabel merah pada soket yang memiliki warna hijau dengan kaki nomer 87 kemudian dipasangkan menuju aki. Setelah semuanya beres, kabel tersebut tinggal dirapikan. Alarm pun terpasang dengan baik dan motor menjadi aman dari incaran para pencuri.

Demikian cara pasang alarm motor sendiri, bikin maling panik dan lari sehingga aman untuk motor Anda. Simak juga harga motor Honda Jatim lengkap beserta berbagai promo menarik lainnya.

  • Apakah Anda Suka Posting Ini? Silakan Bagikan :

Komentar

Berikan Komentar

Copyrights © 2019 All Rights Reserved by MPM Honda.